Methods of Education: East vs West
(Metode-metode Pendidikan: Timur vs
Barat)
Source Text
|
Machine Translation
|
Target Text
|
A teacher from a western country recently visited an
elementary school in an Asian country. In one class, she watched sixty young
children as they learned to draw a cat. The class teacher drew a big circle
on the blackboard, and sixty children copied it on their papers. The teacher
drew a smaller circle on top of the first and then put two triangles on top
of it. The children drew on the same way. The lesson continued until there
were sixty-one identical cats in the classroom. Each student’s cat looked exactly
like the one on the board.
|
Seorang guru dari negara Barat baru-baru ini
mengunjungi sebuah sekolah dasar di negara Asia. Dalam satu kelas, dia
melihat enam puluh anak-anak karena mereka belajar menggambar kucing. Guru
kelas menggambar lingkaran besar di papan tulis, dan enam puluh anak disalin
di atas kertas mereka. guru menggambar lingkaran kecil di atas pertama dan
kemudian menempatkan dua segitiga di atasnya. Anak-anak menggambar di jalan
yang sama. Pelajaran berlanjut sampai ada enam puluh satu kucing yang identik
di dalam kelas. kucing masing-masing siswa tampak persis seperti yang ada di
papan tulis.
|
Seorang guru yang berasal dari negara bagian barat
baru-baru ini mengunjungi sebuah sekolah dasar di suatu negara di Asia. Di
satu kelas, dia melihat enam puluh anak yang sedang belajar menggambar seekor
kucing. Sang guru kelas menggambar lingkaran besar pada papan tulis, dan enam
puluh anak tersebut menyalinnya di kertas mereka masing-masing. Lalu, sang
guru menggambar lagi sebuah lingkaran kecil diatas lingkaran yang pertama,
kemudian menggambar dua buah segitiga diatasnya. Anak-anak kelas tersebut
menggambar dengan cara yang sama. Pelajaran berlangsung sampai ada enam puluh
gambar kucing yang sama di dalam kelas. Gambar kucing dari tiap murid
terlihat sama persis dengan yang ada di papan tulis.
|
The visiting teacher watched the lesson and was
surprised. The teaching methods were very different from the other way of
teaching of her own country. A children’s art lesson in her own country
produced a room full of unique pictures, each one completely different from
the others. Why ? What causes this difference in educational methods ? In a
classroom in any country, the instructor teaches more than art or history or
language. He or she also teaches culture (the ideas and beliefs of that
society). Each educational system is a mirror that reflects the culture of
the society.
|
Guru mengunjungi menyaksikan pelajaran dan terkejut.
Metode pengajaran yang sangat berbeda dengan cara lain mengajar negaranya
sendiri. Sebuah anak-anak pelajaran seni di negeri sendiri menghasilkan
ruangan yang penuh dengan gambar yang unik, masing-masing sama sekali berbeda
dari yang lain. Mengapa? Apa yang menyebabkan perbedaan dalam metode
pendidikan? Di kelas di negara manapun, instruktur mengajarkan lebih dari
seni atau sejarah atau bahasa. Dia juga mengajarkan budaya (ide-ide dan
keyakinan masyarakat itu). Setiap sistem pendidikan adalah cermin yang
mencerminkan budaya masyarakat.
|
Guru yang sedang berkunjung tersebut melihat
kegiatan belajar mengajarnya dan terkejut. Metode pembelajarannya sangat
berbeda dengan metode yang ada di negaranya. Kelas seni anak anak di
negaranya membuat sebuah ruangan yang penuh dengan gambar-gambar yang unik,
gambar satu dengan yang lainnya berbeda. Mengapa ? Apa yang menyebabkan
perbedaan akan metode pendidikan ini ? Dalam suatu ruangan kelas di negara
manapun, guru tak hanya sekedar mengajarkan seni, sejarah, ataupun bahasa.
Guru tersebut juga mengajarkan budaya (norma dan keyakinan di masing masing
negara). Setiap sistem pendidikan di suatu negara merupakan cerminan dari
budaya negara tersebut.
|
In a society such as United States or Canada, which
has many national, religious, and cultural differences, people highly value
individualism-the differences among people. Teacher place a lot of importance
on the qualities that make each student special. The educational systems in
these countries show these values. Students do not memorize information.
Instead, they work individually and find answers themselves. There is often
discussion in the classroom. At an early age, students learn to form their own
ideas and opinions.
|
Dalam masyarakat seperti Amerika Serikat atau
Kanada, yang memiliki banyak perbedaan nasional, agama, dan budaya, orang
yang sangat nilai individualisme-perbedaan antara orang-orang. Guru
menempatkan banyak penting pada kualitas yang membuat setiap siswa khusus.
Sistem pendidikan di negara-negara ini menunjukkan nilai-nilai ini. Siswa
tidak menghafal informasi. Sebaliknya, mereka bekerja secara individual dan
menemukan jawaban sendiri. Ada sering diskusi di kelas. Pada usia dini, siswa
belajar untuk membentuk ide-ide dan pendapat mereka sendiri.
|
Di negara seperti Amerika Serikat maupun Kanada,
yang memiliki banyak suku, agama, dan perbedaan budaya, masyarakat sangat
menghargai individualism, yakni perbedaan setiap masyarakat. Para guru mementingkan
mutu yang membuat tiap muridnya istimewa. Sistem pendidikan di negara-negara
ini menunjukkan nilai-nilai ini. Para murid tidak menghafalkan suatu
informasi. Justru mereka belajar sendiri dan mencari jawabannya sendiri.
Seringkali banyak diskusi di satu ruang kelas. Pada usia dini, para murid
harus belajar membentuk gagasan dan opini mereka sendiri.
|
DANU DWIKARYA
5SA02
11611741
Tidak ada komentar:
Posting Komentar